Minggu, 26 Agustus 2012

Hikmah Silaturahmi, Syawal 1433 H


Hikmah Silaturahmi, Syawal 1433 H

السلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته
الحمد لله وشكرلله ونعمة لله لا حول ولا قوة الا بالله
قال رسول الله صلي الله عليه وسلم المؤمن للمؤمن كا لبنيا ن يشد بعضه بعضا
            Alhamdulillah, Puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh Swt, yg telah memberikan anugerah kenikmatan, kesehatan yang tidak bisa kita ukur dengan uang sebesar apapun,.. terlebih kita diberi nikmat iman dan Islam.
Rasululloh Saw, bersabda :

المؤمن للمؤمن كا لبنيا ن يشد بعضه بعضا
“ Orang mukmin itu bagaikan bangunan yang satu sama lainnya saling memperkokoh “
Alloh Swt berfirman di dalam Hadits Qudsi,  yang artinya
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَقُولُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَيْنَ الْمُتَحَابُّونَ لِجَلَالِي الْيَوْمَ أُظِلُّهُمْ فِي ظِلِّي يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلِّي

Nabi SAW. bersabda, “Pada Hari Kiamat Allah akan berfirman: Dimanakah orang yang berkasih sayang karena kebesaranKu? Kini Aku naungi di bawah naunganKu, pada saat di mana tiada naungan kecuali naunganKu.”(HR. Muslim).
            Pernahkah kita berharap untuk menjadi golongan manusia yang dinaungi oleh Allah, pada hari yang amat dahsyat panasnya di Padang Mahsyar? Ketika itu tidak ada satu pun tempat bernaung dan yang memberikan naungan kecuali Pemilik Hari Pembalasan, yaitu Allah Ta’ala.
            Bila mau, dan semestinya kita berharap demikian, maka ada satu amalan sederhana tapi berdampak besar bagi kita pada hari itu, yakni berkasih sayang kepada sesama muslim karena Allah.        
Berkasih sayang adalah bagian dari fitrah manusia. Allah telah ciptakan dalam diri kita naluri tersebut.
Ada cinta terhadap lawan jenis, cinta terhadap anak-anak, dan cinta terhadap kawan-kawan. Akan tetapi berkasih sayang saja tidak cukup untuk mendatangkan kebaikan yang dijanjikan Allah dalam hadits qudsiy di atas. Kasih sayang  yang akan mendatangkan naungan di Hari Pengumpulan (Yaumul Hasyr), adalah yang disyaratkan karena Allah, bukan semata-mata kasih sayang.
Cinta/mencintai kepada sesama, itu bukan karena ada pamrih, sebab melihat seseorang, akan tetapi ada syarat yang harus dilengkapi bila kita ingin dikategorikan berkasih sayang karena Allah;
Pertama, melakukannya ikhlas, semata karena Allah, dan tidak mengharap pamrih apapun. Artinya, kita mencintai sesama muslim karena memang melaksanakan perintah Allah. Dan orang yang kita cintai adalah orang yang diridloi oleh Allah untuk diberikan kasih dan sayang. Tidak ada cinta dan kasih sayang kepada orang yang memang tidak halal untuk dicintai. Siapapun mereka, meski itu adalah orang tua, saudara, teman atau kawan sepermainan, tetangga dekat maupun jauh, dan bahkan siapapun mereka terlebih mereka se agama dan seiman. Firman Allah Ta’ala:

لَا تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا ءَابَاءَهُمْ أَوْ أَبْنَاءَهُمْ أَوْ إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ
“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka.”(QS. al-Mujadilah:  22).
Kedua, menunjukkan pengorbanan dan kasih sayang yang lebih besar dibandingkan apa yang diberikan saudaranya kepadanya. Memang tidak mudah memberi lebih baik dan lebih banyak kepada orang lain. Apalagi dalam pola kehidupan kapitalisme dengan asas manfaat, orang seringkali dituntut untuk berbuat baik bila mendapat kebaikan. Tapi tidak diajarkan untuk memberi lebih. Asas manfaat telah membelenggu manusia dari berbuat kebaikan. Akan tetapi dalam Islam, dengan landasan iman, seorang muslim dijanjikan kemuliaan yang besar manakala menunjukkan dan memberi kasih sayang lebih besar dari saudaranya. Sabda Nabi saw.:
خَيْرُ الْأَصْحَابِ عِنْدَ اللَّهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللَّهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ

“Sebaik-baik orang yang bersahabat di sisi Allah adalah yang paling baik kepada sahabatnya. Dan sebaik-baik orang  yang bertetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik kepada tetangganya.”(Ibnu Hibban, al-Hakim).
            Ketiga, memberikan pembelaan terhadap kehormatan, harta dan darah sesama muslim. Bukan namanya bersaudara dan mencintai bila merusak nama baik seorang muslim, merampas hartanya apalagi menumpahkan darahnya. Kewajiban orang yang mengaku cinta dan berkasih sayang adalah memberikan pembelaan kepada saudaranya, sekalipun saudaranya sedang tidak bersamanya. Dan menolongnya, memberinya dan melindunginya manakala mereka meminta pertolongan.
مَنْ اسْتَعَاذَ بِاَللَّهِ فَأَعِيذُوهُ وَمَنْ سَأَلَكُمْ بِاَللَّهِ فَأَعْطُوهُ ، وَمَنْ اسْتَجَارَ بِاَللَّهِ فَأَجِيرُوهُ
Siapa yang meminta perlindungan karena Allah maka lindungilah ia. Dan siapa yang meminta kepada kalian atas nama Allah, maka berilah ia, dan siapa yang meinta keamanan karena Allah, maka berikanlah keamanan kepadanya.”(HR. Ahmad, Abu Daud).
            Ironis bila kaum muslimin justru menebarkan fitnah kepada orang-orang yang berdakwah menegakkan syariat dan kemuliaan Islam. Mengucilkan mereka bahkan menyakiti fisiknya. Sementara itu membiarkan orang-orang kafir leluasa menginjak-injak kehormatan dan tanah air mereka sendiri.
            Sungguh kita amat merindukan ukhuwah Islamiyah yang sejati, yang bisa memberikan rasa kasih sayang, pertolongan dan kebaikan di antara sesama muslim. Yang disayangkan bahwa pada hari ini ukhuwah Islamiyah telah tergerus dengan sekat-sekat kedaerahan, mazhab, kelompok dan nasionalisme. Tidak sedikit sesama muslim justru saling mencela, menebar fitnah, menghalangi bantuan untuk mereka dan tidak peduli atas penderitaan sesamanya. Akibatnya umat mudah dipecah belah dan dijajah.
            Amat penting bagi kita pada hari ini mengembalikan sifat mulia umat; memuliakan sesama muslim. Kekuatan akan tergalang karena saling memberikan perlindungan, dan di akhirat Allah menjanjikan naungannya di hari di mana tidak ada naungan selain milikNya.
            Demikianlah uraian ini, smoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan.
Wal ‘afwu minkum wassaalaamu ‘alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar